OSPC adakan Brainy Language Championship

Ilustrasi

Ilustrasi

Condong-online.Com – SMP-SMA Terpadu Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah terus mengasah keterampilan para peserta didiknya. Khususnya dalam bahasa Arab dan Inggris. Salah satu upayanya melalui acara Brainy Language Championship.

Acara gebyar Organisasi Santri Pesantren Condong (OSPC) itu digelar kemarin (17/5) di Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah. Sebanyak 44 peserta mengikuti acara tersebut. Mereka terdiri dari siswa kelas VII, VIII SMP dan X SMA.

Ketua Pelaksanan BLC Anwar Taufik menjelaskan acaranya memiliki tujuan yang penuh kebaikan. Diantaranya meningkatkan kualitas berbahasa para santri. Terlebih menjadi salah satu ajang mencari potensi-potensi.

“Ini acara yang diadakan oleh Divisi OSPC. Kami berinisiatif terus mengkualitaskan kemampuan orang pondok terlebih dulu, sebelum nanti kita akan mengikuti lomba-lomba di luar,” ungkapnya saat diwawancarai Radar di sela acara.
Dia mengatakan inisiatifnya itu terinspirasi dari keinginan untuk meningkatkan kembali lomba-lomba bahasa untuk internal sekolahnya. “Eksternal kita punya semacam Olimpiade Bahasa Inggrsi tingkat Jawa Barat. Nah, tapi itu pesertanya dari luar sekolah. Jadi kami juga ingin ada lomba untuk intern di sini,” kata Anwar.
Sebelumya, lanjut dia, kegiatan seperti BLC pernah diadakan tiga tahun ke belakang dengan nama yang berbeda. Namun, konsep BLC kali ini lebih gebyar. Pasalnya dikemas dengan konten-konten menarik dan berbagai fasilitas pondok yang semakin representatif.
“Lewat even ini, kami kualitas inputnya semakin bagus. Bisa menyaring peserta juga yang nantinya jika ada even di luar bisa langsung tahu siapa orangnya,” ujarnya.

Selain itu, mata lomba yang disajikan lebih bervariasi. Antara lain lomba story telling Bahasa Arab dan Inggris, mengarang bahasa Arab dan Inggris. Kemudian spelling bee, dengan debating bahasa Inggris.

“Kalau hadiahnya merebutkan trofi dan sertifikat. Alhamdulillah acara kali ini banyak dukungan juga,” ucapnya.

Sementara Wakasek Kurikulum sekaligus pembimbing bahasa di SMP dan SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah M. Syahruzzaky Romadloni sangat mengapresiasi peserta didiknya. Dia menilai BLC memiliki konten-konten acara yang banyak bermuatan edukasi. Terutama dalam mencakup empat komponen keterampilan berbahasa. Antara lain, menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

“Selain itu acara ini mengonteskan dua bahasa yang memang wajib di sini. Bahasa Arab dan Inggris selalu digunakan bergiliran setiap dua minggu. Bahkan di sini ada mahkamah bahasanya,” Ungkapnya.

Menurutnya melalui perlombaan itu motivasi siswa akan lebih meningkat. Apalagi jika ditandingkan antara kemampuan Putra dan Putri. “Masukannya acara ini bisa lebih dipersiapkan lebih matang lagi dan semakin ditingkatkan lagi,” harapnya. [Radar Tasikmalaya, 18 Mei 2013]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s