Taujihaat wal Irsyadaat Ujian Syafahi

DSC_0080

Menjelang Ujian Lisan UAS Ganjil 2012-2013, seluruh ustadz/ah mengikuti taujihaat wal irsyadat dan pembagian tugas penguji syafahi di Gedung Mandiri pada Kamis (29/11) malam. Taujihaat disampaikan oleh Al-Ustadz Budi Syihabuddin, S.Th.I dan Al-Ustadz M. Syahruzzaky Romadloni sebagai perwakilan dari Dewan Kyai yang berhalangan hadir.

Dalam taujihaatnya Ust. Budi menekankan kembali makna dari ujian; bahwa ujian adalah alat untuk belajar bukan tujuan. Untuk itu, beliau menghimbau kepada seluruh penguji agar lebih menekankan proses pembelajaran dan menginstruksikan kepada panitia ujian untuk membentuk milliu belajar yang kuat di kalangan santri dengan pemasangan syi’arot dan slogan-slogan belajar.

Ust. Budi juga memaparkan tujuan dari ujian syafahi. Selain untuk mengasah materi yang telah santri dapatkan, ujian syafahi juga berperan sebagai alat untuk melatih mental dan sopan santun santri dalam bersikap.
Sedangkan Al-Ustadz M. Syahruzzaky Romadloni lebih menekankan pada teknis bagaimana menjadi penguji ujian lisan yang baik; dari syarat-syarat soal, tata cara penulisan soal, sampai hal-hal yang kurang layak penguji lakukan di dalam ruang ujian. Selain itu, beliau juga menekankan bahwa ujian lisan tahun ini harus lebih baik dari tahun-tahun berikutnya. Tentunya hal ini ditunjang oleh supervisi yang ketat dari pihak Dewan Kyai.

Ujian Lisan sendiri akan berlangsung dari tanggal 3-9 Desember 2012. Materi yang diujikan adalah al-Quran, Kutubut-Turats, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s